Selasa, 19 Februari 2013

Ide Lagi-lagi Ide



Beberapa hari, aku memikirkan beberapa ide apa yang harus aku angkat ke ceritaku, rasanya otak ini pengen diperas kemudian diberi bilasan yang baru agar nemu ide yang segar. Ide yang mana bisa membuat karya yang terbaik. Kata “apa” dan “bagaimana” itu selalu memutus keinginan membuat karya tulis, nyerah dah rasanya.

Lanjut menulis lagi, andai ada alat Doraemon yang bisa membantu menulis yang disertai ide yang bagus pasti enak ya…?.  Akhirnya jadi tidak jadi menulis malah melamun, mengkhayalkan apa-apa yang di inginkan. Sejam berlalu kertas masih kosong, hal yang dipikirkan adalah bagaimana awal membuat ceritanya?; Siapa nama tokoh yang tepat dan bagus ?; terus alurnya bagaimana?; cerita cintakah? Dari sekian banyak pertanyaan yang mengambang di kepala.

Kertas masih putih dengan garis yang tidak cacat sedikitpun, pena pun masih berputar di tangan belum juga menari, menitikkan noda hitam yang nantinya bisa jadi karya. Mengkhayal kembali, “kok bisa ya penulis itu menemukan ide secemerlang itu?”. Pindah lokasi cari lokasi yang adem, siapa tahu ide bisa muncul. Tak lama kemudian “Aaaaaaaaaaaaarrrggghhhhh… ide kenapa sih kamu nggak mau datang, kamu lagi ngapain sih? datang aja kok ribet” Aku teriak sendiri di kamar kost yang berserakan layak kapal pecah. Istirahat akhirnya opsi yang terbaik, “ngaso-ngaso karo nyemil ndanio nemu ide sing top(1 beranjak dari bawah ke tempat tidur. Komputer yang masih nyala di temani Mp3 yang masih meriuhkan kamar, lagu Maudy Ayunda satu album terpampang di Playlist.

Terlentang tengok kiri, kanan, Tiiit…tiiit…tiit…tiit… Hape berbunyi ada satu pesan. From Chicha “ Bru dari coban.Ni lagi duduk2 d rmhx apan trus mau k aga” . langsung saja dibalas “whehe wenak, ngati2 jangan lupa maem”, lanjut lagi nyari ide. “pamggil aku sayang….. panggil aku cinta.aaa betapa bahagianya aku… bila kudemgar kau panggil aku sayaang…” lagu Maudy Ayunda masih berdendang di kamar. Ke belakang dulu ya… permisi………………………….
Boring…. Kata itu baru terucap, ide mana ya…? “Lha kok iso angel men to yo yo goleki ide ae angel eram(2 “Andai dirimu pemilik hatiku….” Sudah ganti berapa lagu, kertas masih belum berubah posisi.
Akhirnya ….. “sudahlah capek mending makan dulu laper lagi”…
Seorang Penulis handal pun tidak akan memaksakan diri untuk menulis jika memang tiada ide yang bisa dibuat jadi karya..

   1)      Istirahat sekalian nyemil mugkin menemukan ide yang bagus
   2)      Lha kok bisa sulit sekali ya. Mencari ide saja susah banget.

Tidak ada komentar: